Perlindungan Sumber Daya Air

Pengelolaan Sumber Daya Air AQUA


published on November 16, 2015

Upaya menyelamatkan keberadaan air bersih dengan mengelola sumber air merupakan tanggung jawab bersama. Sebagai perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), AQUA Group selalu memberikan upaya terbaik untuk mengelola dampak lingkungan dan sosial dari aktivitas bisnis sesuai dengan visinya, yaitu memajukan ekonomi sekaligus berkontribusi pada sosial dan lingkungan.

Untuk memastikan bahwa pengelolaan air yang dilakukan dapat menjaga keseimbangan alam, AQUA memiliki dan menerapkan Kebijakan Perlindungan Sumber Daya Air yang merujuk pada komitmen Danone mengenai perlindungan lingkungan. Kebijakan tersebut memastikan bahwa pendayagunaan air selalu menjamin kemurnian dan kualitas sumber air untuk menjaga kualitas dan keamanan produk, melestarikan sumber daya air, berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan di wilayah operasi, serta melindungi dan mempromosikan adat dan cagar budaya di sekitar wilayah operasi.

Dalam memilih sumber daya air, AQUA memiliki 9 kriteria dan 5 tahapan seleksi yang melibatkan para ahli geologi dan geohidrologi. Demi memenuhi standar, sedikitnya memerlukan satu tahun untuk mempelajari karakteristik mata air tersebut. Semua itu dilakukan guna menjamin sumber mata air pegunungan alami tersebut baik dan sesuai untuk AQUA.

Kami mengambil air tanah dalam dengan kedalaman antara 60-140 meter, yang berbeda dengan air permukaan yang dimanfaatkan oleh masyarakat. Sistem yang digunakan oleh AQUA Group untuk mendayagunakan air tersebut memastikan tidak adanya hubungan antara kedua lapisan tanah dalam dan permukaan. Air tanah dalam yang digunakan oleh AQUA tersebut dibatasi oleh lapisan kedap air. Studi geohidrologi ini dilakukan bersama dengan universitas terkemuka, antara lain Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Paris 6.

Pengelolaan sumber daya air yang dilakukan oleh AQUA Group merujuk pada Kebijakan Nasional No.7/2004 dan PP No.42/2008 tentang Pengelolaan Sumber Daya Air. AQUA menjalankan program kemitraan dengan melibatkan organisasi, pemerintah dan masyarakat setempat. Kami mengembangkan program pertanian berkelanjutan bersama dengan masyarakat untuk memastikan bahwa selain kesejahteraan masyarakat meningkat, sumber air pun terjaga dari pencemaran bahan kimiawi. Kami juga merehabilitasi infrastruktur irigasi sehingga pengelolaan air untuk pertanian lebih efisien.

Selain itu, AQUA juga mendukung program Millennium Development Goals (MDGs) dengan berkontribusi dalam penyediaan akses air bersih bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi melalui program Water Access, Sanitation and Hygiene (WASH)/Akses Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan. Program WASH ini dijalankan dengan model kemitraan dan partisipatif yang melibatkan peran aktif para pemangku kepentingan seperti masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lokal dan instansi pemerintah terkait. Kami memberdayakan masyarakat dengan memberikan kapasitas organisasi dengan mendorong terbentuknya organisasi pengguna air. Saat ini, program WASH telah memberikan manfaat secara berkelanjutan kepada lebih dari 100.000 jiwa di 13 kabupaten di Indonesia dan akan terus bertambah hingga ke depannya.