Perlindungan Sumber Daya Air

Hambat Limpasan Air Hujan, Pabrik AQUA Pandaan Buat 1000 Biopori di Lereng Arjuna


published on January 15, 2019

Prigen-12 Januari 2019. PT Tirta Investama-Pabrik Pandaan (Pabrik AQUA Pandaan) menyelenggarakan aksi 1000 Biopori Untuk Arjunaku di Gumandar Camp, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Kegiatan yang berlangsung dua hari melibatkan Sukarelawan AQUA Pandaan (Skawan), Yayasan Satu Daun, LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Ngudi Lestari, Petani Hutan, Perhutani, FKPL (Forum Komunikasi Peduli Lingkungan) Kabupaten Pasuruan, dan Mahasiswa Universitas Yudharta. Kegiatan ini bertujuan untuk menghambat laju air hujan yang turun di lereng Arjuno yang terbakar di 2018 lalu.

Menurut data UPT (Unit Pelaksana Teknis) Taman R.Soerjo Pasuruan yang menaungi pengelolaan Gunung Arjuna, pada Oktober 2018 lalu lahan seluas 432ha telah terbakar karena kemarau panjang dan dipicu beberapa titik api. Kebakaran tersebut menghabiskan pohon abasia, pinus, cemara dan beberapa jenis endemik lain yang telah berusia 3-4 tahun. Kini limpasan air hujan yang turun di lahan gundul dengan kemiringan lereng tersebut membawa serta humus ke jalur sungai, sedimentasi meningkat dan penyerapan air jauh berkurang.

Menurut Program Manager dari Yayasan Satu Daun, Sudiono mengatakan bahwa Pabrik AQUA Pandaan sebagai perusahaan telah konsisten menjaga kawasan di Jatiarjo ini tetap lestari. “AQUA telah mendorong Aksi 1000 Biopori untuk Arjuna ini tidak hanya dengan membuat biopori, tetapi juga rorak atau selokan untuk meresapkan sebanyak mungkin air ke dalam tanah dan menghambat laju limpasan air hujan yang bisa menyebabkan banjir”, jelas Diono. Yayasan Satu Daun adalah mitra pelaksana untuk Program Konservasi Pabrik AQUA Pandaan yang telah berjalan sejak 2008.
Pada kesempatan terpisah, Stakeholder Relation Manager Pabrik AQUA Pandaan, Fafit Aji menyampaikan bahwa agenda akhir pekan tersebut sekaligus pengukuhan kepengurusan baru untuk organisasi Sukarelawan AQUA Pandaan. “Skawan adalah wadah bagi karyawan AQUA untuk memberikan kontribusi nyata kepada lingkungan. selain menjadi duta lingkungan AQUA mereka juga menjadi pribadi yang menyebarkan inspirasi kebaikan untuk pelestarian lingkungan”, Kata Aji menjelaskan. “Kami berharap hal kecil yang kami lakukan bisa menginspirasi semakin banyak pihak untuk ikut berkontribusi menjaga Arjuna tetap Lestari”, tutupnya.

Pabrik AQUA Pandaan telah mengembangkan lahan konservasinya seluas 81,3 Hektar dengan jumlah tanaman tumbuh sebanyak 114.150 pohon. Luasan tersebut termasuk Taman Keanekaragaman Hayati di Desa Ledug. Untuk Desa Jatiarjo sendiri, perusahaan melalui pendampingan Satu Daun telah mengembangkan tanaman kopi sejak tahun 2008, saat ini Jatiarjo mengukuhkan diri sebagai Kampung Wisata Kopi yang menyuguhkan atraksi pengolahan kopi yang juga menjadi tanaman konservasi.